Untuk berhasil dalam segala bidang pekerjaan
termasuk berwirausaha, seseorang perlu memiliki kemampuan dalam
menyampaikan ide-idenya secara jelas dan efektif. Terdapat 3 hal yang
dibutuhkan oleh entrepreneur dalam
menjalankan perannya sebagai seorang komunikator utama dalam menahkodai
bisnisnya sebagaimana dikemukakan oleh Scott Edinger melalui Harvard
Business Review:
1. Kredibilitas: Buktikanlah otoritas Anda
dengan menunjukkan keahlian teknis yang Anda miliki dalam bidang
tertentu, yang membantu meyakinkan orang lain bahwa Anda benar-benar
menguasai hal yang akan Anda sampaikan pada mereka.
2. Hubungan
emosional: Orang-orang harus yakin bahwa semua perkataan Anda akan
memiliki manfaat dan signifikansi bagi mereka. Bangunlah hubungan dengan
memberikan mereka perhatian yang paling besar dan hubungkan pesan Anda
dengan sesuatu yang menjadi perhatian orang-orang yang Anda ajak
berkomunikasi.
3. Logika: Semua otoritas dan empati di dunia
ini tidak membantu Anda jika orang lain tidak mampu memahami ide dasar
Anda atau bagaimana Anda bisa menghasilkan sebuah simpulan. Susunlah
argumen yang jelas dan logis yang bisa diikuti oleh orang lain dan
gunakan data dan analisis yang relevan untuk memberikan dukungan bagi
setiap pernyataan yang Anda berikan pada mereka.
3 Unsur Komunikasi yang Perlu Diingat Entrepreneur
Written By Anwar's_Blog on Kamis, 27 Juni 2013 | 13.42
Related Articles
If you enjoyed this article just click here, or subscribe to receive more great content just like it.
0 comments:
Posting Komentar